4 Tips Dan Trik Cara Mencuci Karpet Agar Tidak bau

Tips Dan Trik Mencuci Karpet Agar Tidak bau

Karpet yang bau memang membuat kita tidak nyaman saat digunakan, memcuci karpet tidaklah sulit setelah kita tau bagaimana cara mencuci karpet yang benar. Namun kadang yang menjadi masalah setelah karpet dicuci justru menimbulkan bau yang tak sedap , dan kita tidak tahu bagaimana cara mencuci karpet agar tidak bau ? jika anda masih risau dan bingung bagaimana cara mencuci karpet agar tidak bau, sekrang anda tidak perlu khawatir setelah anda mengetahui tips dan trik mencuci karpet agar tidak bau ,anda akan bisa langsung mencuci karpet anda.

Yuk perhatikan  tips dan trik berikut ini :

  • Bersihkan noda

Sebelum menangani bau karpet, bersihkan dulu noda noda yang ada pada karpet dengan cara singkirkan remeh yang tercecer dan anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu.

  • Taburkan baking soda
baking-soda-untuk-bau-karpet
baking soda untuk bau karpet

Setelah karpet bersih dari noda dan debu , anda bisa menaburkan baking soda secara perlahan dan merata, gunakan baking soda yang belum pernah dipakai sebelumnya atau baking soda baru jika soda kue menggumpal ratakan dengan tangan, diamkan dalam beberapa jam 3 sampai 6 jam namun jika karpet bener benar bau anda bisa mendiamkan semalaman . setelah itu bersihkan kembali karpet anda dengan menggunakan vacuum cleaner hingga tidak ada bekas  baking soda yang menempel pada karpet. Pastikan tidak ada yang mendekati area tersebut.

  • Lakukan pembersihan yang lebih dalam
cara-membersihkan-karpet
cara membersihkan karpet

Setelah menaburkan soda kue dan membersihkannya kembali untuk hasil yang lebih maksimal untuk menghilangkan bau pada karpet anda sapat membuat larutan sendiri dengan menyiapkan  30 ml hydrogen peroksida,  ¼ soda kue, 5 ml sabun cair dan 1 liter air campurkan semua bahan tersebut pada wadah terbuka, lalu tuangkan campran tersebut kedalam botol penyemprot air. Lalu lakukan tester pada noda yang tersembunyi sebelum menyemprotkan keseluruh bagian karpet, gunakan sarung tangan saat membuat campuran permberih dan saat penyemprotan. Setelah itu diamkan selama sehari atau 24jam agar campuran pembersihnya bisa bekerja secara maksimal. setelah sehari jika karpet basar gunakan handuk untuk menyerap air pada karpet dan biarkan air kering dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara Mencuci Karpet Sendiri Di Rumah

  • Keringkan menggunakan mesin uap dan kipas angin
cara-steam-uap-karpet
cara steam uap karpet

Untuk hasil yang lebih maksimal agar bau pada karpet bisa hilang secara sempurna setelah penyemprotan dan mendiamkannya selama sehari , anda bisa menggunakan kipas angina untuk mengeringkan karpet anda yang masih basah biarkan kipas angina menyala untuk beberpa saat  sampai karpet benar benar kering dan tidak ada bau pada karpet.

kipas blower karpet

Beberapa poin diatas merpakan beberapa cara untuk mencuci karpet agar tidak bau, selamat mencoba

Baca Juga: Tips Memilih Vacuum Cleaner

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This