Apakah Sepatu Bisa Dibersihkan Menggunakan Mesin Cuci?

laundry sepatu Bandung

Sepatu menjadi pelindung kaki yang secara langsung bersentuhan dengan apa yang Anda injak. Bisa dipastikan lebih mudah kotor dibanding pakaian lain yang Anda kenakan. Jasa laundry antar jemput Bandung bisa jadi pilihan Anda untuk perawatannya. Tapi Anda juga bisa membersihkannya sendiri, manual dengan tangan atau menggunakan mesin cuci.

Namun, apakah sepatu bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci? Tentu saja bisa, asal Anda tahu caranya dengan benar. Jika label perawatan pada sepatu mengizinkan pencucian menggunakan mesin cuci, maka tak ada salahnya Anda coba, seperti yang dilakukan oleh penyedia jasa laundry sepatu Bandung.

Perhatikan Ini Sebelum Menggunakan Mesin Cuci

Umumnya, mencuci sepatu berbahan kain bisa menggunakan mesin cuci. Namun untuk memastikannya, baca label perawatan pada sepatu. Jasa laundry sepatu pun tidak akan nekat jika ada larangan penggunaan mesin cuci. Karena itu akan berpengaruh pada keawetan sepatu Anda. Jika dibolehkan, maka Anda bisa menggunakan mesin cuci.

Sebelum mencuci, lepaskan dulu tali sepatu dan sol bagian dalam. Laundry terdekat dari rumah Anda biasa mencuci tali dan sol terpisah untuk menghindari air tersumbat dalam sol bagian dalam selama berhari-hari. Pemisahan ini juga mempercepat proses pengeringan. Pelajari cara ini agar tak selalu bergantung pada kebiasaan menggunakan laundry terdekat.

Cuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Jasa laundry sepatu Bandung menggunakan mesin cuci khusus untuk sepatu. Tapi Anda juga bisa mencucinya dengan mesin cuci rumahan. Sebelumnya, bersihkan dulu jika ada lumpur atau kotoran tanah pada bagian bawah sepatu yang langsung menyentuh tanah saat digunakan.

Untuk mencuci sepatu, gunakan sarung bantal. Masukkan sepatu, talinya, dan juga sol alas bagian dalam yang sudah dilepas, ke dalam sarung bantal. Tutup sarung bantal menggunakan peniti agar sepatu tak keluar saat proses cuci. Barulah Anda masukkan sarung bantal berisi sepatu itu ke dalam mesin cuci.

Pilih deterjen cair lembut seperti yang biasa digunakan oleh jasa laundry terdekat yang sesuai jenis mesin cuci Anda. Residu deterjen cair lebih mudah larut pada sela-sela bahan sepatu. Sebaiknya Anda jangan menggunakan deterjen bubuk karena bisa saja sisa-sisanya tertinggal di sela bahan sepatu.

Anda bisa mencuci sepatu Anda bersama-sama dengan handuk. Pastikan bukan handuk baru karena biasanya meninggalkan bulu-bulu lembut. Fungsi handuk sebagai bantalan supaya sepatu tak membentur tabung mesin cuci sehingga tak terjadi benturan berlebih. Ini baik untuk keduanya, sepatu dan mesin cuci.

Seperti yang biasa dilakukan laundry antar jemput Bandung, Anda bisa menggunakan siklus cuci handwash dengan suhu air normal (30 Celcius) tanpa perlu siklus peras (spin). Lakukan bilasan ekstra untuk menghilangkan sisa deterjen yang mungkin menempel bahan sepatu Anda.

Proses terakhir, jemur sepatu pada udara terbuka dalam posisi menelungkup agar sisa air cepat jatuh dan kering. Hindari paparan langsung dari sinar matahari karena dapat mengubah warna atau membuat bahan sepatu dengan material tertentu mengerut. Selesai sudah proses cuci tanpa perlu memanggil laundry terdekat.

Untuk penyimpanan sesudah kering, selama belum dipakai, Anda bisa menggunakan gumpalan kertas koran untuk menyumpal rongga sepatu agar bentuk sepatu terjaga. Selain itu juga bisa menyerap sisa-sisa kelembapan. Perlakukan serupa juga jika Anda menggunakan jasa laundry antar jemput Bandung setelah sepatu diantar ke rumah Anda.

Dengan mengetahui cara benar mencuci sepatu sekaligus cara penyimpanannya, maka Anda bisa menjaga keawetan sepatu. Jadi tidak perlu sering membeli sepatu baru, karena sepatu Anda masih tampak bagus karena terjaga warnanya. Bahkan itu sudah bisa Anda lakukan meski tak harus memanggil laundry sepatu Bandung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *