Cara Membuat Saringan Air Dari Drum Dengan Mudah

Cara membuat saringan air dari drum

Air adalah salah satu kebutuhan pokok kita yang banyak sekali dibutuhkan oleh setiap orang, mulai dari kebutuhan untuk minum sampai untuk mencuci pakain dan nkebutuhan kebutuhan yang lainnya.

penyaring air drum
penyaring air drum

Dengan keadaan yang sekarang semakin susahnya mendapatkan air yang bersih, apalagi ketika kita berada dipelosok desa untuk mendapatkan air kita perlu berjalan jauh sampai berkilo meter yang belum tentu air itu juga bersih dan aman digunakan. Untuk mengatasi air ini kita perlu menggunakan saringan air. Bagaimana caranya membuat saringan dari drum yang aman digunakan dengan pembuatan bugetnya yang terjangkau.

Nah berikut ini adalah  cara cara mebuat saringan air dari drum dengan mudah dan benar :

Persiapkan alat dan bahan  bahannya terlebih dahulu

penyaring air drum
penyaring air drum

Langkah pertama dalam pembuatan saringan dari drum kamu perlu menyiapkan alat dan bahannnya terlebih dahulu, nah untuk alat alatnya kamu perlu menyapkan drum, tong bejana yang bisa digunakan untuk pengendapan,lalu siapka penyaringan dan penampung air bersih.

Lalu bahan  bahan yang perlu dipersipakan untuk membuat saringannnya ialah batu kerikil yang halus,batu yang kerikil yang kasar, arang tempurung kelapa,pasir halus dan ijuk. Nah itulah alat dan bahan bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat saringan dari drum

Cara membuatnya adalah sebgai berikut

Pertama siapkan satu wadah yang berfungsi untuk mengendapkan kotoran yang ada dalam air , sebelum air dimasukan untuk pengendapan simpan dibawah wadahnya batu batu kerikil, agar proses pengendapannnya sempurna. lalu kita buat wadah yang kedua untuk disimpan dibawah wadah yang kedua yang fungsinya untuk menyaring air yang keluar dari wadah pengendapan.

Dalam wadah penyaringan atau dalam wadah yang kedua kita masukanlah bahan bahan yang sudah kita persipkan tadi, urutkan dari bawah beri lapisan batu batu kecil setebal 15cm, lalu lapisi kerikil setebal10cm,selanjutnya lapisi arang tempurung kelapa dengan ketebalan 15cm, u ntuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menabhakan ketebalannya, , lalu selanjutnya lapisi pasir halus 20 cm, dan lapisi lagi dengan ijuk setebal 20cm,pasir halus lagi setebal 15cm dan terakhir lapisi ijuk kembali sebgai ;lapisan terakhir atau sebagai lapisan paling atas.

Air yang keluar dari wadah peyaringan kita salurkan kedawah yang ketiga yang digunakan untuk menampung air atau bakj penanmpung air yang bersih. yang sudah selesai disaring. Awadah yang digunakan untuk penampung ini dimpan tepat dibawah wadah penyaringan ya.

Hal hal yang harus diperhatikan

Pada saar penyaringan air ini sedang berporses,air yang keluar tidak akan langsung menjadi air yang bersih,oleh karena itu tunggu hingga beberapa menit sampai air yang keluar ini benar benar bersih dan layak untuk dikonsumsi. Lalu pengatusan debit air juga perlu dilakukan hingga aliran airnya sesuai.jika alat filter ini sering digunkan kamu perlu melakukan perawatan agar saringan ini tetap terawatt dan bersih kamu perlu mengganti beberapa material.

Itulah beberpa cara untuk membuat saringan dari drum dengan sederhana dan berkualitas semoga suka semoga bermanfaat juga  dan terimaksih.

Artikel dibuat oleh:

Bersihinaja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *