Cara Membuat Saringan Air Yang Baik dan benar serta mudah

Cara membuat saringan air yang baik

Cara Membuat Saringan Air Yang Baik
Cara Membuat Saringan Air Yang Baik

Air merupakan sumber utama kehidupan, banyak orang yang menggunakan air dengan berbagai macam kebutuhannnya.dari mulai dikonsumsi untuk minum sampai dengan memasak yang membutuhkan air.

Dengan keadaan yang sekarang banyak kelangkaan air yang terjadi dimana mana, terumata air yang bersih. bahkan mereka mereka yang dipelosok pun harus berjalan sampai berkilo meter untuk mendapatkan air yang belum tentu air itu bersih dan aman digunakan.

Untuk itu kita perlu tahu dan perlu membuat saringan air yang baik,aman dan sederhana yang bisa kamu bikin dirumah agar air dirumah selalu tampak bersih dan aman untuk digunakan. Berikut cara cara membuat saringan yang baik dan sederhana dengan benar :

Pertama siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat saringan air

penyaring air
penyaring air

Untuk mmebuat saringan air kamu membutuhkan 3buah wadah yang berupa ember,drum, dan tong atau bisa jutga menyiapkan sambungan kaleng atau botol plastic yang bersih yang bisa digunakan sebagai wadah pengendapan, wadah penyaringan dan tenapt air bersih.lalu yang bisa dipersiapkan selanjutnya adalah ijuk, batu kali, batu zeloit,batu batu kecil, pasir halus,dan arang termpurung kelapa.

Siapkan wadah yang digunakan untuk mengendap kotoran dalam air

Untuk langkah pertama klamu bisa mempersiapkan satu wadah yang digunakan untuk menyaring kotoran yang terdapat dalam air, untuk pengendapan yang sempurna dibawah wadahnya kita letakan batu batu kali. Selanjutnya siapkan wadah yang kedua yang berfungsi untuk menyaring air yang keluar dari wadah pengendapan.

Masukan komposisi bahan yang telah disiapkan

Selanjutnya dalam wadah yang kedua kamu bisa mulai memasukan komposisi komposisi bahan yang sudah kita siapkan sebelumnya . urutkan dari bawah mulai dari lapisan batu batu kecil dengan tebal 15cm, lalu lapisan kerikil 10cm,selanjuutnya arang tempurung kelapa setebal 15cm,lalu bisa menambahkan arang dan satu lapisan batu zeloit, lalu masukan lapisan pasir halus dengan tebal 20cm,dan lapisan ijuk setebal 15cm dan masukan kemabali pasir halus 15 cm dan masukan kembali untuk lapisan yang terakhir yaitu lapisan ijuk dengan tebal 15cm. lapisan yang paling atas lalu isislah air dari wadah pengendapan kita masukkan kedalamnya.

Lalu air yang keluar dari lapisan terbawah wadah penyaringan kita salurkan kewadah yang ketiga yang digunakan sebgai bak panemnpungnya air yang bersih yang sudah disaringnya. Wadah ini disimpannya tepat dibawah wadah penyaringan.

Itulah 3 cara mudah untuk membvuat saringan air yang baik dan sederhana. Semoga bermanfaat dan terimakasih . selamat mencoba

Baca Juga:

Cara Membuat Saringan Air Dari Drum Dengan Mudah

Artikel dibuat oleh:

Bersihinaja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *