Cara Mudah Membersihkan Dan Mencuci Karpet Permadani

Cara Mudah Membersihkan Dan Mencuci Karpet Permadani

cara-mencuci-karpet-permadani
cara mencuci karpet permadani

Karpet permadani merupakan salah satu karpet yang banyak digemari oleh setip penghuni rumah,karpet permadani yang tebuat dari bahan wol yang berfungsi untuk mempercantik interior rumah yang biasa digunakan untuk alas lantai diruang tamu. Namun karpet yang sering digunakan untuk beberapa ruangan ini sangat mudah terkena endapan kotoran, debu bahkan kutu ataupun tungau, apalagi jika karpet digunakan setiap hari dan disimpan diruangan yang dilewati banyak orang.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Karpet Sendiri Di Rumah

Cara membersihkan dan mencuci karpet permadani inipun tidak sama seperti cara kita mencuci pakaian , dengan bahan yang tebal serta ukurannyapun lebar  karpet inipun harus dirawat dengan tepat. Cara mencuci karpet permadani  ini pun hampir sama dengan cara mencuci karpet lainnya, menurut beberpa rekomendasi berikut adalah cara mudah untuk membersihkan dan mencuci karpet dengan benar:

Baca Juga: 8 Cara Mencuci Karpet Secara Manual Di Rumah

  1. Bersihkan noda karpet

Untuk perawatan karpet sehari hari anda bisa membersihkan karpet dengan sapu lidi atau sapu ijuk atau bisa juga dengan cara dikibas kibas diluar rumah agar debu dan kotorannya hilang. Karpet yang sering digunakan sebagai alas sangat mudah terkena debu dan kotoran, itulah sebabnya karpet perlu perawatan sehari hari .

Baca Juga: Tips Dan Cara Simpel Mencuci Karpet Masjid

  • Vacuum karpet

Jika karpet digunakan diruang tamu atau kamar maka karpet harus sering sering di vacuum agar lebih maksimal membersihkan  nodanya. Bersihkan karpet dengan cara sebelum melakukan penyedot debu lapisi kain yang berserat rendah terlebih dahulu agar tidak merusak karpet permadani ini, dengan begitu debu akan tersedot melalui celah celah  tanpa merusak bulu dan serat kain permadani, cara inipun bisa dilakukan disemua jenis karpet.

  • Cuci karpet dengan teliti

Jika karpet akan dicuci hati hati mencucinya , cara mencuci karpet permadani cuckup dengan simpan karpet dijeruman yang cukup kuat untuk menyangga karpet ini, lalu gunakan penyemprot air untuk membasahi karpet, dan sikat karpet menggunakan sikat yang lembut,  sikat karpet pelan pelan dan rata pada semua permukaan karpet lalu bilas kembali karpet sampai beberapa kali hingga benar benar bersih.

  • Keringkan karpet dan gunakan baking soda untuk menghilangkan bau

Keringkan karpet di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus, cukup keringkan karpet dengan diangin angin , jika karpet dikeringkan dibawah paparan sinar matahari langsung dapat merusak karpet dan tidak awet. Setelah karpet dipastikan kering simpan dan bentangkan karpet dilantai, taburi baking soda atau bisa juga menggunakan bedak bayi, taburi baking soda atau bedak bayi pada seluruh permukaan karpet dan ratakan dengan tangan lalu diamkan semalaman agar baking soda menyerap pada kapet, setelah didiamkan semalaman bersihkan kembali karpet menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Maka karpet tidak akan bau.

Baca juga: 6 Langkah Cara Mencuci Karpet Bulu Rasfur Dengan Mudah

karpet-permadani
karpet permadani

Cara merawat dan mencuci karpet permadani  inipun tidak terlalu sulit dan tidak begitu mudah juga, namu sebenarnya tata letak karpet juga mempengaruhi awet atau tidaknya karpet. Jangan letakan karpet yang terkena sinar matahari langsung itu dapat membuat warna pada karpet memudar , ubah posisi karpet dalam jangka tertentu agar karpet yang sering dilewati tidak cepat rusak dan simpan karpet dengan benar setelah dicuci gunakan pembungkus karpet agar noda tidak mudah menempel.  

Baca Juga: 4 Tips Dan Trik Cara Mencuci Karpet Agar Tidak Bau

Baca Juga: 4 Langkah Cara Mudah Membersihkan Dan Mencuci Karpet Bulu

laundry karpet bandung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *