Hewan Peliharaan Selalu Tidur Dengan Anda ? Berikut Tips Untuk Menjaga Kebersihan Kasur Anda

Hewan peliharaan juga termasuk salah satu penyebab kotornya tempat tidur Anda. Karena, air liur, air kencing, dan bulu-bulu yang rontok bisa mengotori kasur dan tensu saja membawa berbagai kuman penyakit seperti tungau. Tentu saja, Anda harus memperhatikan bahaya tungau supaya Anda tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh Tungau.

Berbagai Penyakit yang Timbul Akibat Tungau Pada Bulu Hewan Peliharaan

Bahaya tungau yang pertama yaitu dapat menyebabkan Anda terkena gatal-gatal. Tandanya yaitu muncul bentol-bentol pada kulit Anda dan berwarna kemerahan dan memiliki rasa gatal.

Anda juga terkena bersin dan pilek. Kotoran tungau yang sudah bercampur debu bisa membuat Anda bersin dan pilek. Bila dibiarkan, lama kelamaan bias menyebabkan asma. Hal ini merupakan efek lanjutan dari bersin dan pilek yang terus menerus dan jumlah tungau yang Anda hirup dalam jumlah kadar yang banyak.

Tips Menjaga Kebersihan Kasur Dari Hewan Peliharaan

  • Periksa secara rutin kesehatan hewan peliharaan Anda

Pemeriksaan secara rutin berguna untuk mendeteksi ada atau tidaknya kuman tungau yang menempel di tubuh hewan peliharaan Anda. Apabila sudah terdeteksi, maka Anda bisa melakukan upaya pembasmi tungau untuk menghilangkan tungau yang menempel. Sehingga pada saat hewan peliharaan itu tidur di kasur Anda, ia sudah tidak membawa tungau.

  • Jaga kebersihan hewan peliharaan Anda

Bulu-bulu hewan peliharaan yang kotor bisa membawa berbagai kuman penyakit salah satunya tungau. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pembasmi tungau dengan cara mandikan hewan peliharaan Anda dan bersihkan bulu-bulunya.

  • Rutin bersihkan kasur Anda

Menjaga kebersihan kasur Anda dari berbagai debu dan kotoran tentu menjadi hal yang utama. Kasur yang bersih juga membuat Anda terhindar dari berbagai penuakit yang diakibatkan tungau maupun kuman penyakit yang selainnya.

Untuk membersihkan kasur, Anda bisa menggunakan vacuum berdaya sedot tinggi. Tentu Anda harus menggunakan vacuum yang memiliki tekanan tinggi, supaya dapat menyerap debu secara maksimal.

Kalau Anda tidak memiliki vacuum, Anda bisa gunakan jasa bersih kasur yang profesional. Dengan menggunakan jasa ini, Anda tidak perlu lagi menyiapkan alat vacuum dan tenaga untuk membersihkan kasur Anda. Jadi Anda bisa melakukan hal-hal yang selainnya.

  • Sediakan tempat tidur khusus bagi hewan peliharaan Anda

Hewan peliharaan biasanya ikut tidur bersama pemiliknya. Hal ini yang sepatutnya Anda hindari. Lebih baik Anda sediakan tempat tidur khusus buat hewan peliharaan Anda. Sehingga tungau-tungau yang menempel di tubuh hewan Anda, tidak bercampur dan menempel di kasur Anda. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari bahaya tungau.

Anda juga perlu melatih hewan peliharaan Anda supaya mau untuk tidur di tempat tidurnya. Karena, biasanya kalau hewan peliharaan itu sudah sering tidur dengan pemiliknya, maka akan susah untuk memintanya tidur di tempat yang selainnya.

Selain itu, Anda juga perlu melatih hewan peliharaan Anda tentang membuang kotorannya yang tepat. Misalnya di bak pasir yang sudah disediakan. Jadi kotoran hewan itu tidak menyebar kemana-mana. Yang ada, anda terhindar dari bahaya tungau, tetapi terkena penyakit dari kuman hewan peliharaan.

Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan tempat tidur khusus hewan peliharaan Anda. Supaya tungau itu hilang dan tidak menyebar kemana-mana. Jadi Anda perlu melakukan upaya pembasmi tungau. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner berdaya sedot tinggi.

Itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan supaya, kasur Anda terbebas dari bahaya tungau yang dibawa oleh hewan peliharaan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This