Kapan Saya Harus Mencuci Sprei?

Tidur nyaman dengan sprei yang bersih. Apalagi setelah kasur, bantal, dan guling kita dibersihkan jasa hydro cleaning  yang kita panggil. Menikmati istirahat yang berkualitas dan tetap terjaga kesehatan kita. Kita juga dijauhkan dari iritasi dan gatal-gatal karena semua serba bersih. Rasanya tak ada lagi tempat ternyaman selain kasur tempat kita tidur.

Kalau setiap malam kita tidur selama delapan jam, maka sepertiga dari setiap hari kita habiskan di tempat tidur. Bayangkan betapa semua keringat, minyak wajah, debu, sel kulit mati, bahkan kosmetik yang kita pakai, menempel di sprei dan membuatnya cepat kotor. Dalam beberapa hari selanjutnya, tiada lagi sprei yang bersih, lembut, dan wangi.

Bahaya Sprei Kotor

hydro cleaning bandung

Sprei yang sudah terkontaminasi dengan berbagai kotoran yang kita hasilkan, tanpa kita sadari akan membawa dampak yang tidak baik. Terutama untuk kesehatan kulit kita. Dalam lekuk dan lipatan sprei bisa saja bersemayam bahaya tungau yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang kita. Penting untuk kita tahu bagaimana cara membasmi tungau.

Salah satu tanda keberadaan tungau adalah munculnya bekas gigitan berwarna merah, dan terasa gatal di kulit. Adanya gigitan itu terasa di bagian kulit yang terlihat, biasanya di area lengan dan bahu. Bekas gigitan itu dalam beberapa kasus, kalau parah bisa menjadi bisul berisi nanah atau menyebabkan ruam-ruam. Itulah bahaya tungau jika menyerang kita.

Tungau menghasilkan kotoran yang merupakan alergen. Meski kita tak punya riwayat alergi, tetap saja tubuh akan bereaksi terhadap keberadaannya. Alergen bisa menyebabkan kita tiba-tiba terjaga dengan hidung tersumbat dan gatal-gatal. Cara membasmi tungau yang tepat adalah dengan membersihkan sprei dan kasur serta bantal guling sesering mungkin.

hydro cleaning bandung

Kapan Waktu Mencuci Sprei?

Waktu yang tepat untuk mencuci sprei adalah seminggu sekali. Tapi itu bukan patokan baku. Kita bisa lebih sering mencucinya dalam kasus tertentu. Misalnya, kalau kita terbiasa membawa serta hewan peliharaan tidur bersama maka kita harus lebih sering mengganti sprei. Begitu juga kalau kita gemar ngemil di atas kasur, maka harus sering mencucinya.

Tips Mencuci Sprei

Selain memperhatikan jangka waktu mengganti sprei, cara mencuci juga musti disesuaikan dengan bahan sprei tersebut. Jadi sebelum mencuci, pisahkan dulu sprei berdasarkan bahan dan warnanya. Dengan kecermatan seperti ini, kita bisa menjaga keawetan sprei yang kita pakai. Memang paling mudah adalah menggunakan jasa hydro cleaning.

Sprei bahan linen harus dicuci terlebih dahulu agar noda dan kotorannya lebih mudah dihilangkan. Karena berbahan linen, maka sprei tersebut jangan direndam dengan air panas agar serat linen tidak menyusut. Sedangkan untuk sprei berbahan katun, kita boleh merendam dengan air panas sebagai salah satu cara membasmi tungau yang menempel padanya.

hydro cleaning bandung

Untuk proses mencuci sprei gunakan sabun atau deterjen secukupnya saja. Meski ukuran sprei lebar dan lebih besar dari jenis cucian yang lain, namun menggunakan deterjen berlebihan bukan berarti cara ampuh. Selain akan terlalu banyak air untuk membilas, sisa bahan kimia dari deterjen akan tertinggal di sprei, dan tidak baik jika terhirup hidung kita.

Agar cucian sprei cepat kering kita bisa menggunakan pengering di mesin cuci. Selanjutnya, tuntaskan dengan menjemur di bawah paparan sinar matahari langsung agar terhindar dari kelembapan. Nah, sprei kering dan sudah bersih serta wangi. Kita pun terhindar dari bahaya tungau. Setidaknya selama seminggu pemakaiannya sebelum dicuci lagi.

Bagi sebagian kita yang mungkin merasa repot dalam urusan bersih-bersih kasur, bantal, guling, bahkan sofa ruang tamu, maka kita bisa memanfaatkan jasa hydro cleaning yang sekarang sudah ada di mana-mana. Sehat adalah hal utama yang harus selalu kita jaga, setidaknya dimulai dari kamar kita, dari bahaya tungau dan kotoran yang mengganggu.



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This