pembasmi tungau bandung

Lindungi Sofa Ruang Tamu dari Serangan Kutu

Ada istilah rumahku adalah istanaku, tentunya di istana kita, kita ingin merasa nyaman, aman dan terlindungi. Termasuk terlindung dari segala parasit yang mungkin bersarang di rumah. Salah satu barang yang bisa menjadi target parasit adalah sofa. Sebab selain kasur, sofa menjadi tempat favorit bersarangnya kutu busuk.

pembasmi tungau bandung

Kutu busuk ini hidup dengan mengisap darah manusia hingga menimbulkan bengkak dan rasa gatal yang teramat. Memang tidak menimbulkan penyakit lain seperti gigitan nyamuk yakni Demam Berdarah atau Malaria, namun gigitan kutu busuk akan sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan upaya untuk melindungi sofa kesayangan Anda dari serbuan kutu busuk. Sehingga setiap anggota keluarga ataupun tamu yang berkunjung bisa nyaman dan betah untuk duduk dan bersantai di atas sofa Anda. Berikut adalah 3 langkah perlindungan sofa dari kutu busuk.

Deteksi Kutu

Cari kutu di sofa Anda

Kutu merupakan hewan nokturnal, sehingga akan aktif di malam hari. Oleh sebab itu waktu yang tepat untuk mendeteksinya adalah pada saat malam hari. Karena tidak ada sinar matahari, pastikan Anda menggunakan lampu tambahan seperti senter untuk mengeceknya. Arahkan senter pada setiap bagian dan sela-sela sofa.

Amati, apakah di sofamu ada bintik-bintik hitam yang merupakan larva dari kutu. Jika ada, itu salah satu pertanda kuat bahwa kutu sudah bersarang di sofa tersebut. Pastikan Anda telah mengecek setiap lekukan sofa dan bantal sofa, sebab kutu biasanya bersembunyi dan bersarang pada bagian tersebut.

Cari tanda-tanda serangan kutu di badan Anda

Amati bagian tubuhmu, cari bintik-bintik merah atau kulit yang terasa gatal. Memang tidak semua bintik merah berasal dari gigitan kutu, bisa juga nyamuk atau respon dari penyakit lain. Namun ada ciri khusus gigitan kutu, yakni bintik itu bisa bengkak dan melebar, serta rasa gatal yang lebih kuat dibandingkan dengan digigit nyamuk.

pembasmi tungau bandung

Basmi Kutu

Sebenarnya untuk membasmi kutu, semprotan cairan pestisida termasuk yang ampuh karena bisa membunuh kutu dan semua telur-telurnya. Namun cara ini dipandang kurang baik jika diterapkan di sofa ruang tamu Anda. Sebab selain berbahaya bagi hama, cairan ini juga berbahaya bagi manusia, karena bisa menyebabkan iritasi kulit, sulit bernafas, pusing, dan mual.

Pakai uap panas

Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah menggunakan uap air panas, sebab semua jenis kutu tidak bisa bertahan jika terkena panas. Cara pemakaiannya adalah dengan memasang selang kecil pada ketel elektrik, agar bisa menjadi penguap. Kemudian semprotkan uap air panas dari ketel ke seluruh sudut sofa ruang tamu, pastikan tidak ada bagian yang terlewat.

Pakai Lakban

Cara ini hanya bisa dipakai pada jenis sofa tertentu, jika sofa Anda memiliki kain pelapis yang mudah berserabut dan tercabut, sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Membasmi kutu dengan cara ini termasuk mudah, sebab Anda hanya perlu menempelkan lakban di bagian sofa yang menjadi sarang kutu, tekan hingga benar-benar merekat, kemudian cabut lakban.

pembasmi tungau bandung

Perawatan sofa agar tidak dijangkiti kutu lagi

Bersihkan sofa secara rutin

Bersihkan sofa milik Anda dalam jangka waktu yang rutin. Untuk pembersihan harian, Anda bisa membersihkan debu atau kotoran yang ada di permukaan sofa, untuk yang mingguan, Anda bisa lakukan lebih menyeluruh termasuk di sela-sela dan bagian dalam sofa. Hal ini untuk mencegah kutu datang dan bersarang lagi.

Jika Anda tak punya cukup waktu atau alatnya, tak perlu bingung. Karena Anda bisa menghubungi jasa cuci sofa Bandung profesional. Mereka akan datang ke tempat Anda dan membersihkannya hingga tuntas.

Jemur sofa dan semprot dengan cairan disinfektan

Usahakan setiap seminggu sekali untuk menjemur sofa. Hal ini bertujuan agar sofa tidak lembab sehingga menjadi sasaran empuk bagi kutu untuk bersarang. Jemur selama kurang lebih 2 jam. Sebagai langkah tambahan, Anda perlu menyemprot soda dengan cairan disinfektan, setidaknya seminggu sekali, agar parasit tidak bersarang di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This