Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Kasur

Laundry Kiloan Bandung

Melepas penat bekerja seharian setiba di rumah dengan merebahkan diri di atas kasur adalah nikmat tak terkira. Seberapa peduli kita pada bahaya kutu kasur yang bisa jadi selalu menemani tidur kita? Pertanyaan untuk diri kita sendiri, bagaimana cara membersihkannya dengan efektif dan efisien? Seberapa sering saya harus membersihkan kasur?

Bahaya  Tungau Kasur

Bahaya tungau atau Dermatophagoides pteronyssinus, seringkali menjadi penyebab gatal-gatal usai bangun tidur di atas kasur, bisa juga menyebabkan asma pada seseorang. Hewan mikroskopis berukuran 0,1 hingga 0,3 milimeter ini mendatangi dan tinggal di kasur yang jarang atau bahkan tak pernah dibersihkan sama sekali.

jasa bersih kasur bandung

Hati-hatilah dengan hewan kecil ini, karena kotorannya ketika bercampur dengan debu dan tertiup di udara, lalu terhirup, bisa masuk ke saluran pernapasan. Kalau sudah masuk, gejala awalnya bisa menyebabkan bersin-bersin. Bahkan ketika ada anggota keluarga kita penderita asma, kemasukan debu dan kotoran tungau membuatnya kambuh.

Tungau juga disebut merupakan penyebar penyakit (vektor) scabies atau kudis yang gampang menular. Jika salah satu anggota keluarga terkena kudis, maka seluruh penghuni rumah sangat rentan ditularinya. Ketika gangguan kudis sampai menimbulkan demam, maka kondisinya bisa disebut parah. Tak bisa diremehkan bahaya tungau kan?

Hewan kecil ini memiliki kemampuan sanggup bertahan hidup lama dan terhitung cepat sekali dalam berkembang biak. Kotoran tungau pun bisa menyebabkan alergi kulit bagi orang yang sensitif. Cara terbaik untuk menghindari kehadiran hewan kecil ini, kita harus selalu menjaga kebersihan tempat tidur dari debu dan kondisi lembap.

Mengatasi Tungau Membandel

Selama ini kita terbiasa menjemur kasur di bawah terik matahari. Tak ada yang salah dengan cara lama ini. Kita tahu, tungau menyukai tempat yang lembap. Untuk mengusirnya, bisa melakukan hal sederhana itu. Menjemur kasur di bawah sinar matahari langsung bisa menghilangkan kelembapannya sehingga kasur tidak lagi dijadikan tempat tungau bersarang.

jasa bersih kasur bandung

Perlu diingat, sinar matahari tidak dapat mematikan tungau, karena untuk membunuh tungau diperlukan suhu minimal 60 derajat Celsius. Cara tersebut hanya bisa untuk mengusir tungau. Sementara untuk menyingkirkannya agar tidak kembali lagi, cara yang paling ampuh adalah membersihkan tungau dengan vacuum kasur.

Para ahli imunologi dan alergi merekomendasikan vacuum yang memiliki daya sedot besar untuk menghilangkan tungau dan kuman lainnya, juga debu-debu penyebab alergi. Semakin kencang daya sedotnya tentu saja semakin baik dan bersih hasilnya. Kita memang harus rajin agar bisa mengatasi bahaya tungau supaya tak mengganggu kesehatan.

Tips Perawatan Optimal

Jangan lupa, kita pun harus rajin membersihkan vacuum yang digunakan. Akan jadi hal percuma mengandalkannya jika debu dan tungau yang sudah tertampung di dalam alat sedot itu malah menumpuk. Kebersihan alat menjadi keharusan agar hasil maksimal mengusir bahaya kutu kasur demi kesehatan kita.

jasa bersih kasur bandung

Penampung debu vacuum kasur ada yang berkantong dan tanpa kantong. Meski demikian, keduanya memiliki prinsip yang tidak jauh berbeda. Ketika membersihkan debu dalam penampung seyogianya berada di tempat sampah, juga harus memastikan berada jauh dari tempat tidur agar debu dan tungau itu tidak balik lagi.

Tak kalah penting juga untuk mengatasi bahaya kutu kasur adalah mencuci seprei minimal setiap seminggu sekali. Kita bisa mencuci menggunakan air panas agar tungau hilang. Selain seprei, sarung bantal dan guling juga ikutkan dalam pencucian. Atur suhu 55 sampai 70 derajat celcius untuk memastikan tungau dan kuman lain yang menempel musnah.

Bersih-bersih yang bisa kita jadwalkan seminggu sekali ini, sebagai usaha kita agar tetap sehat, terhindar dari bahaya tungau yang cukup mengganggu. Penggunaan vacuum secara benar dan rutin serta menjaga kebersihannya bisa mengantarkan kita pada hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Selamat tinggal tungau dan kutu kasur!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This