jasa cuci sofa bandung

Tips Membersihkan Sofa yang Terkena Banjir

Awal Januari, Jakarta disambut dengan guyuran hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, bahkan diperkirakan akan berlangsung terus hingga April. Akibatnya pemukiman, pertokoan, hingga jalan, banyak yang terendam oleh banjir. Bahkan di beberapa tempat, banjir mencapai ketinggian diatas 1 meter. Dan diketahui maksimum bisa mencapai ketinggian hingga 6 meter.

Bisa kita bayangkan, dengan ketinggian tersebut tentu saja banyak perabotan rumah yang terendam air.  Mulai dari perangkat elektronik, peralatan makan, rak sepatu, karpet, gorden, lemari, kursi, meja, kasur, sofa dan lainnya. Salah satunya adalah sofa, sofa merupakan perabotan yang bisa menyerap air dengan cepat, sehingga benda ini menjadi PR besar untuk dibersihkan ketika banjir melanda.

Terkadang, kita tergoda untuk membuangnya langsung, karena proses membersihkan sofa yang terkena banjir terkesan sulit dan membutuhkan banyak tenaga serta biaya. Namun jika dihitung-hitung lebih besar biaya membeli sofa baru dibandingkan dengan membersihkannya. Apalagi disaat banjir banyak biaya yang harus dikeluarkan, sehingga berhemat menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Oleh sebab itu, membersihkan sofa terkadang menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan sofa yang terkena banjir.

  • Periksa kondisi sofa, apakah masih memungkinkan atau tidak untuk dibersihkan. Jika sofa terbuat dari bahan kain dan sudah terendam banjir berhari-hari kemungkinan akan sulit dibersihkan karena terlalu banyak lumpur yang masuk di dalamnya.
  • Jika sofa masih memungkinkan untuk dibersihkan, selanjutnya pastikan Anda punya pasokan air bersih yang cukup, sabun pembersih sofa, dan juga cairan disinfektan. Siapkan juga selang untuk menyemprotkan air dan membersihkan lumpur yang menempel.
jasa cuci sofa bandung
  • Pisahkan bagian-bagian sofa dengan rangkanya. Hal ini untuk mempermudah Anda dalam membersihkan bagian-bagian yang sulit atau sela-sela sofa dengan baik. Sehingga semua area bisa dijangkau dengan mudah.
  • Siram sofa dengan air bersih. Basahi semua bagian sofa secara merata, pastikan tidak ada yang terlewatkan. Bagian atas, sandaran, tempat duduk, belakang sofa, dan juga bawah sofa. Sehingga keseluruhannya bisa terkena air.
  • Tuangkan cairan disinfektan dan sabun khusus pembersih sofa  di seluruh bagian sofa. Jangan menggunakan deterjen karena bisa meninggalkan bau apak dan jamur. Sebab proses pengeringannya lebih lama dibandingkan dengan sabun khusus untuk sofa.
  • Gosok sofa dengan spons khusus untuk membersihkan lumpur yang menempel. Jangan menggunakan sikat atau benda yang tajam karena akan merusak permukaan sofa Anda. Gosok dengan perlahan agar tidak membuat permukaan sofa sobek. Jangan lupa berikan juga cairan pewangi, agar sofa tidak berbau apak.
jasa cuci sofa Bandung
  • Bilas sofa Anda, keringkan kembali dengan pengering. Jemur di bawah terik matahari dan sirkulasi udara yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu terik matahari bisa membunuh kuman-kuman yang mungkin masih tersisa.

Pastikan Anda menerapkan langkah-langkah diatas secara menyeluruh dan lengkap. Agar lebih cepat terselesaikan, baiknya Anda minta bantuan kepada anggota keluarga yang lain untuk turut serta dalam membersihkan sofa.

Jika Anda sangat sibuk, tak punya banyak waktu atau malas membersihkan sofa, tak perlu bingung. Karena Anda bisa menghubungi jasa cuci sofa Bandung yang profesional supaya datang ke rumah dan membersihkannya untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This