Waspada Bahaya Tungau Kasur

Waspada Bahaya Tungau Kasur

Rumah yang sehat, khususnya kebersihan kasurdan sofa harus menjadi perhatian utama. Kasur dan sofa bisa dibilang sebagai tempat ternyaman untuk mengistirahatkan tubuh maupun menjamu tamu. Karenanya, tidak heran bila mulai menjamur jasa pembersih kasur di berbagai kota.

Sayangnya, seringkali penghuni rumah tidak menyadari bahwa kasur atau sofa yang sering Anda tempati itu dalam kondisi kotor. Kasur dan sofa yang kotor ternyata menjadi tempat ideal berkembangnya kuman pembawa penyakit maupun tungau.

Tungau merupakan serangga parasit mikroskopik yang hidup di lingkungan kotor dan berkembang biak dengan sangat cepat. Lingkungan yang disukai oleh Tungau yaitu tempat yang memiliki kelembapan sekitar 25-31’C. Bahaya tungau bagi manusia adalah bisa menyebabkan permasalahan kulit dan gangguan pernafasan.

Berdasarkan beberapa penelitian menjelaskan bahwa rata-rata setiap orang melepaskan 1,5 juta sel kulit mati per jam dan mengeluarkan keringat sebanyak 0,9 liter per harinya, termasuk dalam kondisi tidur. Keringat yang menempel pada kasur dan sofa juga menjadi faktor berkembang biaknya tungau di kasur, sofa, maupun karpet anda.

Bahaya Tungau Yang Bersarang di Kasur & Sofa

jasa pembersih kasur
  1. Mampu mengakibatkan Penyakit Kulit (Gatal, Sakit Kudis, dan Alergi)

Tanda yang paling nampak bahwa kasur / sofa anda sudah menjadi sarang tungau, dan sudah waktunya anda memanggil jasa pembersih tungau adalah sering gatal-gatal akibat gigitan tungau seusai duduk / tiduran di kasur maupun sofa rumah anda. Gigitan tungau menimbulkan rasa gatal pada bagian tubuh yang digigit. Bagian yang gatal itu biasanya juga akan diikuti ruam merah pada kulit.

Apabila dibiarkan terus menerus, bagian yang gatal itu akan membuat penderita mengalami sakit kudis. Tandanya, pada malam hari beberapa bagian tubuh mengalami rasa gatal yang semakin parah. Kemudian diikuti bentol-bentol melepuh kemerahan dan berair pada kulit yang sudah terinfeksi. Segera hubungi jasa pembasmi tungau bila gejala ini anda rasakan.

Bila kondisi sudah terlambat, dan anda merasakan gatal yang teramat sangat pada tubuh anda, jangan pernah menggaruk rasa gatal tersebut. Meskipun enak, menggaruk rasa gatal hanya akan semakin memperparah dan akan memicu berkembangnya infeksi bakteri sekunder. Jika semakin tidak diatasi, maka kulit akan mengalami iritasi dan mengakibatkan alergi pada kulit.   

  • Mampu mengakibatkan Bersin dan Pilek

Alasan berikutnya kenapa anda harus benar-benar memperhitungkan bahaya tungau adalah karena tungau meninggalkan kotoran. Debu yang menempel di kasur bisa bercampur dengan kotoran tungau. Apabila debu tersebut kemudian terhirup dan menempel di saluran pernafasan pada saat tidur, dapat menyebabkan bersin dan Pilek.

Bersin yang terus menerus akan menghasilkan lendir di hidung dan membuat tubuh terserang pilek. Puncaknya, bila anda tidak tanggap untuk mencari pebasmi tungau yang efektif, akan mengakibatkan permasalahan saluran nafas yang serius.

  • Mampu mengakibatkan Pemicu Penyakit Asma

Seperti yang dijelaskan diatas, bila bersin dan pilek dibiarkan maka bisa menyebabkan maslah pernafasan yang serius, salah satunya adalah asma. Alasanya adalah karena debu yang sudah bercampur dengan kotoran tungau akan menyumbat saluran pernafasan sehingga menyabbkan mengalami sesak nafas / asma.

Apalagi, bagi mereka yang sebelumnya sudah mempunyai riwayat penyakit Asma. Bahaya tungau yang ditimbulkan lebih tinggi lagi apabila sampai terhirup debu yang sudah bercampur dengan kotoran Tungau ini.

Anda tentu tida ingin, salah satu anggota keluarga tercinta anda menjadi korban akibat tungau-tungau yang bersarang di kasur dan sofa anda. Sebagai pencegahan, anda bisa mengganti sprei kasur maupun bantal guling setidaknya 2 minggu sekali supaya tungau tidak menempel dan berkembang biak di kasur dan melakukan penyedotan debu secara berkala pada kasur maupun sofa.

Untuk melakukan pembersihan pada sofa, kasur, maupun karpet secara optimal tentu butuh waktu, tenaga, teknik, serta peralatan yang memadai. Anda tidak bisa membersihkanya hanya dengan peralatan seadanya dan cara yang sembarangan. Bila anda merasa tidak sanggup, maka ada baiknya anda menggunakan jasa pembersih tungau yang profesional dan teruji kualitasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This